HUMANITIES

Bansos Sembako dari Presiden Mulai Disalurkan, Tangsel Dapat Alokasi 75.961 KK

Indonesiaplus.id – Penyaluran Bantuan Sosial Sembako (bansos sembako) bantuan Presiden untuk Kabupaten Bogor, Kota Tangerang dan Tangsel, Depok dan Bekasi (Bodetabek) mulai disalurkan di Kota Tangerang Selatan.

“Hari ini kami melakukan pengecekan penyaluran bansos sembako dan melakukan supervisi. Ini merupakan penyaluran Tahap I dan dua minggu lagi akan kami salurkan Tahap II,” ujar Sekjen Kemensos Hartono Laras didampingi Walikota Tangsel Airien Rachmy Diani di Ciputat, Kota Tangsel, Jumat (8/5/2020).

Penyaluran bansos sembako, kata Hartono, menjangkau 1,9 juta kepala keluarga (KK). Dimana untuk DKI Jakarta menjangkau 1,3 juta KK dan Bodetabek (daerah yang berbatasan langsung dengan Jakarta) menjangkau 600 ribu KK untuk Tangsel mendapat alokasi 75.961 KK.

“Penyaluran bansos sembako di DKI Jakarta sejak 20 April di depan Istana dan penyaluran dikonsentrasikan di Jakarta. Karena Jakarta pada waktu itu PSBB-nya pertama. Setelah itu baru menyusul Bodetabek,” katanya.

Di Bodetabek, Hartono mengaku sudah menyampaikan ke Wali Kota Tangsel, bahwa distribusi diperkirakan dilakukan setelah selesai penyaluran di Jakarta.

“Hari ini sudah mulai untuk yang di Bodetabek. Adapun penyaluran akan dilaksanakan selama 3 bulan. Setiap bulan ada dua kali penyaluran dengan nilai Rp 300 ribu untuk sekali penyaluran,” ungkapnya.

Untuk prosedur tidak sulit dan Kementerian Sosial tidak mengunci daftar penerima bansos hanya dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Pada situasi ini banyak keluarga terdampak covid-19 yang memerlukan bansos. Kami memahami yang menjadi kebutuhan daerah,” tandasnya.

Hadir pada acara tersebut, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin dan segenap jajaran Forpimda Kota Tangerang Selatan.[mor]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close