HEALTH

Wahai Kaum Adam Kenali Gejala Penyakit Diabetes Tipe 1 dan 2

Sabtu, 28 April 2018

Indonesiaplus.id – Gejala diabetes biasanya mirip terjadi pada pria dan wanita. Namun, ada
beberapa gejala yang hanya terlihat dan dialami pada pria.

Gejala sedikit berbeda antara diabetes tipe 1 dan tipe 2. Para pria harus waspada dan tidak mengabaikan setiap gejala karena semakin dini terdeteksi, semakin cepat diabetes diobati sehingga tidak menyebabkan komplikasi kelak.

Gejala diabetes tipe 1 pria

Sebenarnya adalah penyakit autoimun. Penyakit ini terjadi saat pankreas tidak bisa
memproduksi insulin. Hal itu disebabkan karena sistem imun menyerang dan menyerang sel-
sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.

Insulin sendiri adalah hormon yang meregulasi kadar gula darah dan membantu tubuh menyerap energi dari makanan yang dikonsumsi.

Diabetes tipe ini sama sekali tidak berkaitan dengan gaya hidup. Oleh sebab itu, semua orang berisiko terkena penyakit ini. Penyakit ini tidak bisa dicegah dan obatnya juga belum
ada.

Pertanda diabetes tipe 1 yang perlu diwaspadai cenderung muncul secara tiba-tiba, dan seringkali disalahartikan sebagai gejala penyakit lain. Berikut beberapa gejala awal dari penyakit ini:

Sering buang air kecil
kalau Kamu tiba-tiba merasa selalu ingin buang air kecil alias beser, diabetes
tipe 1 perlu diwaspadai. Hal itu terjadi karena ginjal berusaha untuk mengeluarkan kelebihan
gula darah di dalam tubuh. Gejala ini juga seringkali diiringi dengan rasa haus terus menerus akibat
dehidrasi.

Peningkatan selera makan
kalau tubuh tidak bisa menyerap energi yang dibutuhkan dari makanan. Kondisi ini menyebabkan Kamu jadi lebih lapar dari biasanya.

Penurunan berat badan secara drastis dan tiba-tiba
kalau Kamu jadi lebih banyak makan tapi berat badan malah menurun, itu bisa menjadi pertanda bahwa tubuh tidak memperoleh kalori yang cukup dari makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut menjadi pertanda diabetes tipe 1.

Selain hal-hal di atas, Kamu juga perlu mewaspadai gejala diabetes tipe 1 lain seperti perubahan
kualitas penglihatan, selalu merasa lelah, sulit bernapas, dan pingsan.

Gejala diabetes tipe 2 pada pria


Gejala diabetes tipe 2 mirip dengan diabetes tipe 1. Namun, biasanya perkembangan gejala pada diabetes tipe 2 dampaknya lebih terlihat dan terasa. Namun, pada umumnya penurunan berat badan tidak termasuk gejala awal diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh resistensi tubuh terhadap insulin atau terlalu sedikitnya insulin yang diproduksi pankreas. Berikut beberapa gejala awal diabetes tipe 2 pada pria, seperti yang dilansir oleh portal Health Line:

Disfungsi Ereksi
Masalah seksual dimana seseorang tidak mampu mencapai ereksi. Selain diabetes, disfungsi ereksi juga bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lainnya, seperti tekanandarah tinggi, stres, merokok, konsumsi obat-obatan tertentu, penyakit ginjal, dan masalah sistem pernapasan atau saraf.

Menurut National Diabetes Information Clearinghouse, pria yang terkena diabetes juga cenderung berisiko mengalami disfungsi erektil. Organisasi tersebut menuliskan bahwa 20 – 75 persen pria yang terkena diabetes juga mengalami disfungsi erektil. Jadi, Kamu perlu mewaspadai diabetes tipe 2 jika mengalami disfungsi ereksi.

Ejakulasi Retrograde
Pria yang terkena diabetes juga seringkali mengalami ejakulasi retrograde di awal gejalanya. Kondisi ini menyebabkan beberapa air mani masuk ke dalam kandung kemih. Pertanda dari kondisi ini biasanya adalah berkurangnya air mani yang keluar ketika sedang ejakulasi.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close