HEALTH

Rasakan 4 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Kulit dan Bisa Awet Muda

Indonesiaplus.id – Tidak sekedar nikmat dan menyegarkarkan, nanas menyimpan beragam khasiat yang baik bagi kesehatan. Di antara khasitatnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit.

Dalam setiap 165 gram atau setara dengan 1 cangkir nanas memiliki kandungan 2,3 gram serat, 1 gram protein, 1,7 mg natrium, dan 82,5 kalori.

Hal itu berarti dengan mengonsumsi satu cangkir nanas, sama dengan membantu memenuhi kebutuhan vitamin B, vitamin C, kalium, dan zat besi harian. Juga, nanas memiliki kandungan enzim bromelain dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Pertama, mampu mencegah kerusakan pada kulit
Dengan kandungan vitamin C tinggi dalam nanas mempunyai sifat antioksidan yang sangat baik. Kandungan tersebut bermanfaat dalam mencegah dan juga mengurangi kerusakan kulit akibat stres oksidatif.

Stres oksidatif ini terjadi saat kerap kali terpapar radikal bebas yang berlebih. Misalnya asap rokok, polusi udara, dan makanan yang telah terkontaminasi pestisida.

Kedua, bisa membuat wajah jadi awet muda
Seiring usia bertambah menjadi salah satu faktor munculnya berbagai tanda penuaan di wajah, seperti kerutan dan tampak lebih kusam jika tidak rajin dirawat. Tapi tidak perlu kahwatir cukup mengonsumsi nanas bisa membantu membuat penampilan wajah jadi lebih muda dan glowing.

Khasiat itu dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat di dalam nanas. Kandungan tersebut sangat penting dalam perawatan wajah. Karenanya tak perlu heran bila kedua kandungan tersebut sering kali ditemukan pada produk-produk skincare.

Ketiga, bisa menyembuhkan penyakit kulit
Kandungan enzim bromelain yang terdapat dalam nanas memiliki sifat antiinflmasi, antibakteri, dan antioksidan yang baik. Kandungan tersebut dapat membantu mempercepat penyembuhan salah satu penyakit kulit, yakni PLC atau Ptyriasis Lichenoides Chronica.

Ptyriasis Lichenoides Chronica merupakan penyakit kulit kronis yang ditandai dengan gejala seperti papula, muncul bintik-bintik kecil, dan kulit bersisik. Sebuah studi menjelaskan kandungan bromelain dapat digunakan dalam pengobatan PLC ini.

Keempat, mampu mengatasi jerawat
Buah nanas juga dapat membantu mengatasi jerawat, lho. Aktivitas antimikroba yang diperoleh dari enzim bromelain dikethaui mempunyai potensi besar dalam mengatasi permasalahan jerawat.

Kandungan enzim bisa menghambat penyebaran dan pertumbuhkan bakteri penyebab jerawat pada kulit, seperti Pacnes dan Sepidermis.[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close