HEALTH

Berjemur Pagi Hari Tingkatkan Imun Tubuh dan Sehatkan Tulang

Indonesiaplus.id – Studi teranyar menyebutkan bahwa aktivitas berjemur di pagi hari bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini cocok dilakukan saat ini di tengah memasuki era new normal di tengah pandemi Covid-19. Memasuki new normal diperbolehkan untuk beraktivitas kembali dan hidup berdampingan dengan virus corona.

Penting untuk berjemur di pagi hari guna memperkuat imunitas tubuh. Dengan begitu, tidak akan mudah terserang penyakit.

Tentu saja akan lebih mudah menjalankan aktivitas di era new normal ini jika tubuh dalam keadaan sehat. Pasalnya, memiliki imun tubuh yang kuat akan membuat Anda tak mudah terserang penyakit.

Berdasarkan Instagram BMKG, berjemur yang baik adalah di pagi hari mulai dari jam 07.00 hingga 10.00 WIB. Sebelum berjemur, pastikan Anda juga melihat prakiraan cuaca terlebih dahulu.

Jika cuaca cerah, Anda bisa segera mempersiapkan diri untuk berjemur.

Biasanya suhu di pagi berkisar antara 25 hingga 28 derajat celcius. Ini merupakan waktu yang tepat karena matahari belum terlalu terik sehingga Anda tidak merasakan panas yang menyengat.

Profesor Gerard Ahern, peneliti di Universitas Georgetown di Washington DC mengatakan, bahwa selain bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, berjemur di pagi hari juga dapat menyehatkan tulang.

Selain itu, sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang berperan penting sebagai komponen yang membantu tubuh agar bisa menyerap kalsium.

Maka, dengan paparan sinar matahari langsung, bisa mengurangi risiko osteoporesis dan menyehatkan tulang yang sudah bermasalah, terlebih para bagi lanjut usia (lansia).[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close