GLOBAL

Sikap Indonesia Soal Perlindungan Masjid Al Aqsa, Jadi Sorotan Dunia

Minggu, 30 Juli 2017

Indonesiaplus.id – Menyikapi ketegangan yang terjadi di Masjid Al Aqsa, Yerusalem. Pemerintah Indonesia tidak tinggal diam dengan mengusulkan agar kompleks Al Aqsa mendapatkan perlindungan nyata dari masyarakat internasional, menjadi sorotan dunia.

Media Middle East Monitor, Sabtu (29/7/2017), kemarin, menurunkan laporan berjudul Indonesia urges more international protection for Al-Aqsa.

Pekan depan, pada pertemuan menteri luar negeri Organisation of Islamic Cooperation (OIC-Organisasi Kerjasama Islam/OKI) di Istanbul, Turki, Menlu Retno Marsudi secara resmi akan menyampaikan usulan agar masyarakat internasional dan PBB memberikan pengawasan dan perlindungan buat Al Aqsa.

Middle East Monitor mengutip pernyataan juru bicara Kemenlu, Arrmanatha Nasir yang disiarkan Stasiun Metro TV. Nasir mengatakan, Indonesia ingin memastikan bahwa situasi Al Aqsa membaik.

“Menteri Luar Negeri Bu Retno Marsudi akan menyampaikan usulan tersebut pada pertemuan, Selasa (2/8/2017) depan di Istanbul,” ujar Nasir.

Indonesia, kata Nasir, yang merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, terus menyerukan persatuan antara negara-negara OKI, untuk mempertahankan status quo Masjid Al Aqsa, dan mendorong kemerdekaan Palestina.

“Pemerintah Indonesia mendesak masyarakat internasional untuk membantu menghindari bentrokan lebih lanjut antara pihak berwenang Israel dan warga Palestina,” tandasnya.[Fat]

Related Articles

Back to top button