GLOBAL

Peringatkan Terjadi Tsunami Usai Selandia Baru Diguncang Gempa 8,0 SR

Indonesiaplus.id – Wilayah Samoa Amerika dan Hawaii diperingatkan akan terjadinya tsunami, usai diguncang gempa bumi berkekuatan 8,0 skala Richter (SR) di Kepulauan Kermadec, utara Selandia Baru, Jumat (5/3/2021).

Wilayah Pantai Timur Laut Selandia Baru, diberi peringatan tsunami, dengan pertahanan sipil negara itu memerintahkan penduduk untuk segera pindah ke tempat yang lebih tinggi terdekat atau sejauh mungkin ke pedalaman, seperti dikutip dari Russia Today.

Hal sama di Kepulauan Kermadec, wilayah terletak di Pasifik Selatan sekitar 800 km timur laut Selandia Baru, telah diguncang oleh serangkaian gempa pada Jumat pagi waktu setempat, dengan kekuatan berkisar antara 5,0 hingga 8,0 SR.

Selain dikenal sebagai Rangitahua, pulau-pulau milik itu Selandia Baru dan berada 1.945 km barat daya Samoa, dan lebih dari 6.800 km dari Hawaii.

Berdasarkan hasil survei Geologi AS mengatakan, bahwa pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, pada koordinat 29.729 ° lintang Selatan dengan 177.262 ° BB.

Bahkan, gempa 8,1 SR terjadi hampir dua jam usai gempa 7,7 tercatat di dekatnya, tetapi pada kedalaman 55,6 kilometer.[mar]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close