GLOBAL

Menangi Pemilu Turki, Putin Ucapkan Selamat Kepada Erdogan

Senin, 25 Juni 2018

Indonesiaplus.id – Ucapan selamat disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya dalam pemilu Turki.

Putin memuji-muji Erdogan dengan mengatakan, bahwa kemenangan tersebut menunjukkan otoritas politik yang besar dan dukungan massal bagi Erdogan.

Menurut Kremlin bahwa Putin telah menekankan hasil pemungutan suara itu sepenuhnya bicara tentang otoritas politik yang besar dari Recep Tayyip Erdogan dan dukungan massal atas arah yang diambil di bawah kepemimpinannya menyelesaikan tugas-tugas sosial dan ekonomi Turki yang mendesak (dan) memperkuat posisi negara di kancah internasional.

Pernyataan Putin yang dirilis pihak Kremlin seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (25/6/2018), Putin menekankan kesiapannya untuk melanjutkan “kerja sama erat” dan dialog dengan Erdogan.

“Hal ini tentunya merupakan kepentingan rakyat Rusia dan Turki,” demikian pernyataan Kremlin seraya memuji “hubungan seperti mitra” di antara kedua negara.

Beberapa bulan terakhir, Putin dan Erdogan menjalin aliansi yang makin meningkat. Sebagai tanda pentingnya hubungan kedua negara, Putin berkunjung ke Turki selama lawatan luar negeri pertamanya sejak memenangi pemilihan presiden untuk keempat kalinya pada 18 Maret lalu.

Turki dan Rusia merupakan pihak bertentangan mengenai konflik di Suriah, dengan Rusia terus menjadi sekutu utama rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Turki mendukung pemberontak Suriah yang berupaya menggulingkan Assad. Namun meski adanya perbedaan tersebut, keduanya bekerja sama erat dalam beberapa bulan terakhir untuk mencapai solusi politik terkait konflik di Suriah.

Kantor berita Turki, Anadolu Agency menulis, Erdogan menang dengan meraih 52,5 persen dalam pemilu Turki yang digelar Selasa, (24/6/2018) kemarin. Rival terkuatnya, Muharrem Ince dari partai sekuler Republican People’s Party (CHP) meraih 31,5 persen suara.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close