GLOBAL

Dubes UEA: Hingga Kini Tidak Ada Upaya Militer Terhadap Qatar

Rabu, 14 Juni 2017

Indonesiaplus.id – Hingga ini, tidak ada opsi militer dalam aksi blokade sejumlah kekuatan Arab melawan Qatar.

“Sama sekali tidak ada upaya militer untuk apapun yang sedang kami lakukan,” ujar Duta Besar UEA untuk AS Yousef Al Otaiba di Washington, seperti dilansir Middle East Monitor, Rabu (15/6).

“Saya telah berbicara dan bertemu Menhan Pertahanan AS Jim Mattis empat kali dalam sepekan terakhir, kami telah memberi kepastian bahwa langkah-langkah yang kami lakukan tidak akan mempengaruhi pangkalan Al Udeid atau operasi pendukung.”

Negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pekan lalu, yaitu Arab Saudi, EUA, Bahrain dan Mesir. Mereka juga menerapkan sanksi ekonomi yang ketat. Negara-negara tersebut juga telah 59 orang ke dalam daftar hitam. Selain itu mereka juga mencantumkan 12 entitas yang memiliki hubungan teroris. “Kami telah menunjuk 59 orang dan 12 entitas,” katanya.

Namun, tuduhan itu dibantah keras Doha terkati tudingan mendukung kelompok garis keras dan Syiah Iran. Otaiba juga menjelaskan, keempat negara tersebut saat ini sedang menyusun daftar permintaan terhadap Qatar.

“Setiap negara memiliki daftar masing-masing, spesifikasi mereka sendiri dan oleh karena itu kami mencoba menyusunnya dalam satu daftar.”[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close