GLOBAL

Dua Rudal Tak Dikenal Ditembak Jatuh Sistem Misil Patriot AS di Irak

Indonesiaplus.id – Dua rudal yang menargetkan Pangkalan Udara Ain al-Asad di Anbar, Irak, Selasa (31/3/2020), berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan misil Patriot Amerika Serikat (AS).

Pangkalan militer tersebut menampung para tentara Amerika dan menurut sumber yang merupakan perwira militer Irak mengonfirmasi serangan dua rudal tak dikenal kepada Anadolu seperti dilansir Rabu (1/4/2020).

Pada Senin (30/3/2020), Washington mengerahkan baterai sistem pertahanan rudal Patriot di pangkalan-pangkalan menampung pasukan AS di Irak, yakni di Pangkalan Udara Ain al-Asad di Anbar dan Pangkalan Udara Harir di Erbil.

Namun, tentara AS di Irak diserang roket dan menurut Washington serangan itu dilakukan kelompok milisi Irak pro-Iran. Sejauh ini, Baghdad belum mengomentari pengerahan baterai sistem pertahanan rudal Patriot.

Usai serangan drone menewaskan jenderal Iran, Qasem Soleimani di Irak pada Januari lalu, Parlemen Irak menuntut penarikan semua pasukan asing dari negara tersebut.

Dengan sistem Patriot AS terdiri dari radar kinerja tinggi dan pencegat, dirancang untuk bekerja sebagai benteng melawan serangan rudal balistik yang masuk.

Untuk pengerahan sistem pertahanan Patriot di Irak dinegosiasikan sejak serangan rudal-rudal balistik Iran yang menargetkan pangkalan Ain al-Asad sebagai balasan atas pembunuhan Jenderal Soleimani.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close