GLOBAL

Jubir Kemlu: Buat Daftar Negara Tak Bersahabat dan AS di Posisi Teratas

Indonesiaplus.id – Moskow membuat daftar negara-negara tidak bersahabat dan Amerika Serikat (AS) masuk ke dalamnya. Hal itu disampaikan oleh Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

Menurut Zakharova, bahwa negara yang masuk dalam daftar tersebut adalah yang melarang atau pernah mengusir diplomat Rusia. Pembuatan daftar negara itu arahan langsung dari Presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Jadi, negara mana saja tidak bersahabat ini? Daftarnya sedang dibuat dan seperti kita pahami, keseluruhan cerita dimulai dengan gelombang langkah AS tidak ramah. Anda pahami dan mengkonfirmasi ini, tentu saja AS ada dalam daftar ini,” ujar Zakharova saat konferensi pers di Moskow, seperti dilansir Tass pada Senin (26/4/2021).

Moskow menekankan keputusan Putin untuk membuat daftar ini adalah tindakan pembalasan terhadap langkah-langkah permusuhan negara lain

“Kami menyoroti kebijakan luar negeri kami benar-benar damai. Tapi, kami selalu menekankan semua langkah, yang kami anggap tidak bersahabat dan bermusuhan tidak pernah tetap tidak terjawab,” ungkapnya.

Tindakan seperti itu diambil sekarang dan merupakan tindakan pembalasan. Namun, bukanlah langkah agresif oleh Rusia, melainkan respon dan perlindungan dari langkah-langkah yang bermusuhan dan tidak ramah oleh negara lain.

“Mereka entah bagaimana berusaha menghentikan pembangunan kami: melalui kebijakan penahanan dan melalui upaya isolasi,” tandas Zakharova.[mar]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close